5 Tips Menjaga Keamanan Website Dari Hacker

Keamanan saat ini menjadi salah satu isu yang paling serius dibahas, salah satunya yang berkaitan dengan website. Sekarang ini website menjadi salah satu aset yang perlu dijaga dengan berbagai fungsi terutama dalam bisnis. Misalnya saja website sebagai sarana penjualan produk atau jasa dan juga website bisa menjadi salah satu media branding untuk mengenalkan bisnis kita agar lebih dikenal banyak orang.

Memang website sekarang ini bukanlah hal yang baru, website sudah ada sejak lama. Tetapi bukan perkara umurnya, melainkan yang berbahaya adalah soal keamanan website yang masih mengkhawatirkan. Menurut riset yang dilakukan oleh Whitehat Security bahwa setidaknya ada sekitarĀ  86% lebih website di dunia ini memiliki satu atau lebih celah keamanan yang berpotensi diserang oleh hacker.

Menjaga Keamanan Website

Serangan hacker

Serangan hacker

Keamanan website ini tidak hanya menyerang pada website skala pribadi atau blog saja, melainkan juga menyerang pada website-website perusahaan besar. Nah agar Anda tidak termasuk menjadi salah satu korban hacker selanjutnya, kami sudah menyiapkan 5 tips menjaga keamanan website dari hacker berikut ini.

1. Perkuat keamanan jaringan internet

Jangan pernah menggunakan jaringan umum jika memang tidak perlu sekali, jika terpaksa Anda bisa menggunakan tethering dari smartphone. Sebelum Anda terkoneksi ke jaringan internet pastikan dulu bahwa koneksi tersebut terpercaya. Selain itu saat melakukan login website saat sudah selesai pastikan untuk logout. Dalam pemilihan kata sandi usahakan menggunakan kombinasi yang lengkap antara karakter, angka, simbol dan capital sehingga menyulitkan hacker saat melakukan hacking website melalui akses login.

2. Batasi persebaran informasi sensitive

Agar informasi sensitive tidak tersebar ke semua orang yang berpotensi bocor, maka solusinya setiap orang diberikan username dan password sendiri-sendiri sesuai dengan bidang kerjaanya, jadi nanti jika sewaktu ada hacker berhasil login maka akan terlihat dari username mana yang berhasil menjebol keamanan website.

3. Gunakan firewall pada website

Tips menjaga keamanan website

Tips menjaga keamanan website

Firewall memiliki fungsi sebagai tameng atau pelindung website dari berbagai serangan salah satunya dari hacker. Dengan adanya firewall ini jika terjadi hal yang mencurigakan maka otomatis akan langsung dilakukan blocking, sehingga belum sampai hacker merusak website sudah tertangkap duluan.

4. Gunakan server hosting terbaik

Server web hosting juga memiliki peranan dalam menjaga keamanan website. apalagi bagi server hosting yang menerapkan keamanan gAnda akan sulit untuk bisa disusupi hacker. Untuk itu sebelum melakukan pembelian hosting untuk website, pastikan dulu fitur keamanan yang sudah diberikan apa saja agar tidak kecewa dilain waktu.

5. Menggunakan SSL

Nah yang terakhir adalah dengan menggunakan layanan SSL Murah. Kenapa dibilang murah? Karena harga SSL saat ini sudah setara dengan domain TLD seperti .com. Saat instalasi website, biasanya website belum memiliki keamanan yang mumpuni, salah satunya penggunaan HTTP belum stAndar seperti yang direkomendasikan dari Google. SSL juga memiliki kekuatan enkripsi data sehingga data yang dikirimkan dari client kepada server dan sebaliknya selalu aman tanpa diketahui oleh hacker.

Nah bagaimana kira-kira apakah website Anda sudah masuk dalam kategori aman dari hacker? Pastikan untuk website selalu diganti passwordnya secara rutin agar meminimalisir password bocor sehingga diketahui oleh banyak orang. Jika Anda kurang yakin dengan kemampuan sendiri, Anda bisa memesan websie di jasa pembuatan website yang sudah berpengalaman saja, pasti jaminan lebih aman.

Demikian pembahasan mengenai 5 tips menjaga keamanan website dari hacker. Jika ada tambahan lain silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah, nantinya tim kami dari movies.id akan segera menambahkan agar semakin lengkap.

Terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *