Cara Menghapus Akun Yahoo dan Cara Mengembalikannya

Siapa yang sudah mengakses internet sejak era tahun 2000-an? Pastinya banyak aplikasi yang membuat Anda bernostalgia. Salah satunya adalah Yahoo Mail. Layanan surat elektronik ini dulunya sangat populer, apalagi sudah terintegrasi langsung dengan Yahoo Messenger. Seiring berjalannya waktu, layanan email gratis ini mulai tersingkirkan dengan kompetitornya.

Bagi Anda yang memiliki akun Yahoo, apakah hendak meneruskan penggunaannya? Hal ini merupakan pilihan setiap orang, terlebih apabila ingin menggunakan layanan email yang lebih baik. Berikut ulasan cara menghapus akun Yahoo dengan mudah beserta opsi pemulihan yang bisa dilakukan.

Cara Menghapus Akun Yahoo

Yahoo Mail

Yahoo Mail

Menghapus akun Yahoo pada dasarnya tidak terlalu berbeda dengan cara menghapus akun gmail. Asalkan Anda ingat alamat email dan kata sandi yang digunakan, pemulihan bisa dengan mudah dilakukan.  Anda bisa menggunakan PC maupun smartphone untuk mengikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini :

  • Buka browser, lalu kunjungi halaman Penghapusan Akun Yahoo.
  • Login email Yahoo yang hendak dihapus, lalu pilih Berikutnya.
  • Isi kata sandi akun Yahoo, lalu klik Masuk.
  • Pilih Lanjutkan hapus akun saya, kemudian akan muncul tab informasi penutupan akun Yahoo.
  • Jika sudah yakin akan menghapusnya, klik tulisan berwarna merah ‘Lanjutkan hapus akun saya’.
  • Konfirmasi dengan klik ‘Ya, akhiri akun ini’.
  • Anda akan diarahkan menuju halaman untuk memasukkan kembali alamat email Yahoo yang hendak dihapus.
  • Ketikkan alamat email Yahoo, lalu klik kembali ‘Ya, akhiri akun ini’.
  • Tunggu sampai proses penghapusan akun selesai, biasanya tidak membutuhkan waktu lama.
  • Akan muncul tab notifikasi ‘ Your account has been deactivated an scheduled for deletion.
  • Pemberitahuan tersebut merupakan pernyataan bahwa Anda telah berhasil menonaktifkan dan akun Yahoo telah berada di daftar penghapusan secara permanen.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Yahoo

Akun yang  telah dihapus tidak secara langsung menghilang begitu saja. Pihak Yahoo sendiri masih memungkinkan penggunanya melakukan pemulihan. Yahoo menyediakan waktu penundaan untuk mencegah penyalahgunaan sebelum akun benar-benar dihapus.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki pertimbangan yang matang sebelum benar-benar menghapus akun Yahoo. Bagaimana jika sudah terlanjur menghapusnya? Tenang, Anda bisa mengaktifkannya kembali dengan memilih opsi pemulihan.

Terdapat tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan akun Yahoo. Berikut langkah-langkah mudahnya.

1. Cara Mengaktifkan Kembali Akun Yahoo dengan No. HP

Cara pertama untuk mengaktifkan kembali akun Yahoo adalah dengan menggunakan nomor HP yang Anda masukkan saat pertama kali registrasi. Jika Anda memilih cara ini, pastikan nomor HP tersebut masih aktif dan dalam jangkauan.

Pemulihan dengan nomor telepon ini termasuk yang paling mudah dilakukan. Simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Buka website Yahoo di laptop atau smartphone, kemudian login seperti biasa.
  • Masukkan alamat email Yahoo dan klik bagian Lupa Kata Sandi.
  • Akan muncul beberapa opsi verifikasi yang bisa dipilih.
  • Klik metode pemulihan menggunakan nomor HP.
  • Pihak Yahoo akan mengirimkan kode khusus ke nomor HP yang Anda cantumkan.
  • Buka menu SMS di ponsel, lalu masukkan kode khusus tersebut ke kolom yang tertera/
  • Sebuah kode verifikasi memiliki waktu berlaku yang cukup singkat, sebaiknya Anda segera memasukkan kode khusus tersebut.
  • Setelah itu, Anda akan diminta membuat kata sandi yang baru.
  • Konfirmasi , lalu login akun Yahoo dengan kata sandi baru.

2. Cara Mengaktifkan Kembali Akun Yahoo Tanpa No. HP

Logo Mail Yahoo

Logo Mail Yahoo

Bagaimana jika nomor HP yang digunakan saat registrasi Yahoo ternyata hilang/tidak aktif lagi? Tidak perlu khawatir, Anda bisa melakukan metode satu ini. Cara ini memungkinkan pengguna akun Yahoo untuk memulihkan akunnya dengan email sekunder. Apa itu email sekunder?

Email sekunder merupakan alamat email yang  Anda cantumkan ketika mendaftar akun Yahoo. Nah, email ini disebut juga sebagai email pemulihan. Oleh karena itu, penting untuk setiap pengguna memasukkan email pemulihan saat pertama kali registrasi.

Langkahnya cukup mudah dan mirip dengan cara mengaktifkan kembali akun Yahoo dengan no.HP. Saat diminta memilih opsi pemulihan, silahkan klik pilihan metode email sekunder. Selanjutnya, pihak Yahoo akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email pemulihan.

3. Cara Mengaktifkan Akun Yahoo Tanpa No.HP dan Email Pemulihan

Jika ternyata nomor HP tidak aktif dan email pemulihan tidak dicantumkan, apakah masih memungkinkan memulihkan akun Yahoo?  Apabila Anda ada di situasi seperti ini, ternyata masih ada kesempatan untuk mengembalikan akun yang telah dihapus.

Seringkali pengguna tidak menautkan alamat email cadangan untuk memulihkan akun jika sewaktu-waktu diperlukan. Tanpa nomor HP atau email sekunder, pihak Yahoo tidak bisa mengirimkan kode verifikasi yang dibutuhkan. Namun, Anda bisa mengunjungi website Yahoo, kemudian pilih Yahoo! Help.

Fitur Yahoo Help membantu pengguna yang ingin memulihkan akun tanpa Nomor telepon maupun email sekunder. Nantinya, pihak Yahoo akan memeriksa identitas Anda selaku pemilik akun. Namun, cara ini tentu memiliki tingkat keberhasilan yang beragam. Hal ini karena pihak Yahoo perlu melakukan verifikasi dengan tepat untuk memastikan pemilik akun yang akan dipulihkan.

Demikian pembahasan artikel tentang Cara Menghapus Akun Yahoo dan Cara Mengembalikannya dari Movies.id.

Terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *