Tips Memilih Laptop Untuk Programming

Menentukan akan menggunakan laptop apa untuk melakukan coding memang akan menjadi proses yang cukup sulit. Ketika di hadapkan hal ini akan mudah bingung ketika ada berbagai macam pilihan. Terlebih, sekarang ini ada banyak jenis laptop yang berbeda di pasaran, masing-masing laptop memiliki serangkaian trade-off yang berbeda.

Laptop untuk programming web sebenarnya bisa dilakukan di laptop apapun. Akan tetapi, produktivitas kita akan meningkat jika menggunakan laptop yang cocok untuk jenis tugas yang kita lakukan. Terlebih kamu seorang programmer mobile, untuk coding mobile membutuhkan syarat laptop khusus.

Tips Memilih Laptop Untuk Programming

Saat ini ada berbagai jenis programmer dengan macam – macam tools dan IDE programming dengan masing-masing spesialisasi.

Saya membuat 2 asumsi dalam bahasan ini :

  • Anda adalah seorang pengembang web & mobile
  • Laptop yang anda gunakan adalah meisn untu pengembangan sistem utama anda Dibawah ini beberapa pertimbangan sebelum kita membeli laptop.

Mobilitas

Laptop mobilitas

Laptop mobilitas

Di pasaran ini laptop hadir dengan berbagai ukuran dan bentuk. Kita perlu mengetahui seberapa portabel sebuah laptop yang kita inginkan. Jika kita jarang membawa laptop kemana-mana, mungkin laptop dengan ukuran 15 inci sudah cukup. Laptop jenis ini biasanya memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dan layar yang mendukung penggunaan multitasking.

Namun, jika anda seringkali bepergian dengan membawa laptop, maka laptop ukuran 13 atau 14 inci mungkin adalah yang terbaik. Karena, laptop ukuran ini jauh lebih ringan dan memberikan daya tahan baterai yang lebih lama.

Tampilan

Laptop yang memiliki layar yang bagus adalah salah satu fitur terpentingnya, terutama laptop untuk kebutuhan programming. Pengembangan aplikasi melibatkan kita lebih sering menatap layar untuk waktu yang lama. Maka memperhatikan tampilan layar sangat penting.

Sebagian laptop dengan harga yang murah di tampilkan dengan ukuran layar 1366 x 768. Paling penting adalah layar memiliki sudut pandang yang bagus dan tidak ada pantulan cahaya di layar laptop atau pantulan diri anda (seperti cermin).

Kekuatan Processor

Laptop dengan dilengkapi kekuaran CPU akan memiliki pengaruh besar kepada kinerja sehingga tidak dapat dikecualikan untuk kekuaran processor ini. Pertimbangkan untuk memilih spesifikasi processor yang mumpuni. Beberapa yang paling penting adalah ukuran cache, jumlah core, frekuensi, dan daya desain nya. Secara umum, saat ini processor Intel Core i5, core i7a atau AMD Ryzen 5 dengan frekuensi 3 Ghz atau lebih sudah cukup untuk kebutuhan coding.

Memori RAM

RAM

RAM

Rekomendasi terkecil RAM untuk coding menurut saya adalah 8GB terlebih untuk mobile ini adalah standar pengembang android. Bahkan di beberapa kasus, RAM 8GB masih belum cukup. Jika ada uang tambahan, menambahkan 16GB untuk RAM saya rasa tidak masalah.

Jenis dan Kapasitas Penyimpanan

Saat ini jenis penyimpanan terbaik adalah menggunakan SSD (Solid State Drive). Dengan menggunakan jenis penyimpanan ini akan memberikan kinerja yang sangat baik dan signifikan dibanding hard drive standar. Setiap operasi akan menjadi jauh lebih cepat dengan menggunakan SSD diantaranya boot OS, kompilasi kode, run apps, dan membuka project berat.

Jika anda memiliki uang lebih untuk kebutuhan laptop anda, maka membeli SSD dengan ukuran 256 GB adalah prioritas. Atau jika memiliki lebih uang membeli ukuran SSD 512GB atau 1TB itu lebih baik. Jika biaya belum mencukupi maka beli SSD dengan kapasitas kecil saja.

Baterai Laptop

Daya tahan baterai akan sangat tidak terlalu penting jika anda lebih sering bekerja di tempat yang mudah menemukan colokan. Tapi, meskipun begitu, memilih laptop setidaknya dengan daya tahan baterai 6 jam pakai adalah pilihan terbaik.

Keyboard

Keyboard laptop

Keyboard laptop

Kualitas keyboard sangat penting diperhatikan, terlebih pekerjaan sehari-hari adalah coding. Sebagai seorang programmer, akan lebih cocok menggunakan keyboard dengan model dan tata letak yang lebih ringkas.

Ketika mencoba memilih keyboard yang cocok untuk bekerja, disarankan sebelum membelinya mencoba dulu secara menyeluruh. Pastikan setiap tombol kombinasi bisa dijangkau. Keyboard juga ada yang memiliki lampu latar dan yang tidak, akan sangat membantu jika anda bekerja di lingkungan yang kurang cahaya.

Sistem Operasi

Memilih sistem operasi ketika bekerja juga sangat penting. Pengguna windows memiliki banyak pilihan akan tetapi jika anda lebih suka produk MacOS maka laptop nya terbatas pada satu yaitu Macbook.

Jika anda lebih suka menggunakan Linux, maka sebagian besar laptop sudah support linux bahkan ada laptop yang memiliki dukungan secara khusus dari Linux secara resmi. Beberapa vendor seperti Dell yang telah menyediakan support secara khusus untuk Linux dengan kualitas yang baik.

Jika anda memilih produk yang tidak secara khusus support linux maka lakukan riset atau review tentang produk laptop pilihan anda, apakah akan berfungsi dengan baik jika menggunakan Linux.

Bagaimana sudah menentukan pilihan? demikian pembabahasan artikel dari movies.id, jangan lupa share ke sosial media kamu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *